Terobosan Baru Solusi Stres

00:52
Ilustrasi Stres ( Foto @klinikhipnoterapi.net )
PembacaBerita.com - Gaya hidup stres tinggi dapat mengganggu kesehatan dan kebahagiaan. Kabar baiknya, para ahli kini menemukan solusi alamiah yang didukung riset untuk mengatasi stres. Mulai dari aktivitas anak yang menciptakan ketenangan sampai musik yang meredakan kecemasan.

Matikan Ponsel
Sebuah studi baru dalam Jurnal Marriage and Family mengungkapkan, semakin banyak menggunakan ponsel, semakin rentan terhadap stres. Untuk mencegah stres, anda tak perlu berpisah atau menyingkirkan ponsel anda. Cukup dengan menciptakan jam tanpa ponsel sekali dalam sehari.

Mengapa Berkhasiat : Jika semua orang bisa menghubungi anda setiap saat, anda berkemungkinan lebih besar di bombardir stressor, jelas profesor sosiologi di University of Wisconsin, Milwaukee. Beri kesempatan kepada diri sendiri untuk istirahat sejenak setiap hari dari ponsel.

Logging Baik Untuk Anda
Sebuah studi Australia menemukan, pegawai yang menggunakan waktu beberapa menit untuk bermain sosial media seperti Twitter, Facebook dan yang sejenisnya, hampir 10% lebih produktif dibanding yang tidak.

Redakan Keresahan Dengan Kecupan
Para periset Feinberg School of Medicine, Northwestern University yang meneliti kebiasaan mengecup lebih dari 2000 pasangan suami istri menemukan, pasangan yang sering mengecup di sepanjang hari berkemungkinan 8 kali lebih rendah merasa stres dibanding pasangan yang tidak.

Mengapa Berkhasiat : Mengecup menyebabkan pelepasan zat kimia oxytocin yang membangkitkan rasa senang di dalam otak yang berperan dalam bonding dan menciptakan rasa sejahtera dan tenang, yang semuanya menurunkan stres.

Ciptakan Ketenangan Dengan Tiup Balon
Oprah menyimpan sebotol bubble di laci meja dan meniupnya setiap kali merasa stres, Menurut para ahli, cara ini sangat efektif meredakan stres.

Mengapa Berkhasiat : Ketika stres, kita cenderung bernapas dangkal yang lalu menyebabkan pembuluh - pembuluh darah berkontraksi, menaikkan tekanan darah dan membuat kita merasa lebih panik Pernapasan pelan dan dalam bisa membalikkan efek ini dan persis inilah yang dilakukan ketika meniup balon.

Jinakkan Ketegangan Dengan Jalan Cepat
Sebuah studi University of Missouri menemukan, jalan cepat 115 langkah per menit ketimbang 75 langkah meningkatkan khasiat peredaan stres dan membuat khasiat bertahan lebih lama 2 jam.

Mengapa Berkhasiat : Semakin cepat jalan, semakin besar aliran darah ke sistem saraf, yang lalu meredakan ketegangan ketika olahraga.

Usir Kecemasan Dengan Musik Klasik
Kali berikut jika anda melampiaskan stres dengan memarahi anak anda, coba dengar musik klasik Vivaldi, Handel, Corelli atau Bach. Sebuah studi baru mengungkapkan, mendengarkan musik yang digubah pada abad 17, periode Baroque, dengan 60 ketukan per menit, dapat membangkitkan rasa senang, meningkatkan konsentrasi, produktivitas dan akurasi.

Mengapa Berkhasiat : Denyut jantung kita menyesuaikan diri dengan musik yang kita dengarkan dan denyut jantung yang diperlukan tubuh untuk relaksasi total adalah 60 denyutan.

Tenangkan Saraf Dengan Nonton TV
Punya film seri komedi situasi dari masa kanak - kanak ?, Film yang anda tontoni berulang - ulang di masa remaja ? Nonton film ini ketika tegang membantu merileksasikan anda hampir seketika.

Mengapa Berkhasiat : Sesuatu yang mengingatkan kebahagiaan masa kanak - kanak meningkatkan kadar serotonin otak. Selain itu, nonton film yang anda sukai di masa - masa bebas cemas membuat anda merasa lebih nyaman.

Mungkin jika anda masih menginginkan hal - hal yang dapat menenangkan atau meredakan stres anda hanya dalam waktu 10 detik bisa gunakan cara di bawah ini :)

Meredakan Stres Dalam 10 Detik

Perlu tenang dalam sekejap ? Coba atasi Stres dengan cara berikut :

Pijat Cuping Telinga, tekan cuping telinga dengan ibu jari dan jari telunjuk selama 10 detik dapat menurunkan stres sampai 50% dan khasiat penenangan ini berakhir 30 menit.

Buat Daftar, Tambahkan 4 hal yang anda syukuri. Membangkitkan rasa syukur terbukti membalikkan keresahan yang menumpuk.

Dapatkan Vitamin C, Antioksidan ampuh ini memperlambat pelepasan corticosterone sejenis hormon yang membanjiri tubuh ketika kita stres, ungkap sebuah studi. Dapatkan 1.000 mg per hari untuk atasi stres dalam 10 detik.

Bantu Dishare Juga Ya Para Pembaca

Related Posts

Previous
Next Post »